Nilai Estetika Kebaya Pernikahan Untuk Perempuan Indonesia

Nilai estetika kebaya untuk perempuan Indonesia

Nilai Estetika Kebaya Pernikahan Untuk Perempuan Indonesia

Mengenakan kebaya memberikan kesenangan sendiri bagi perempuan Indonesia. Dahulu kebaya menjadi pakaian sehari-hari bagi perempuan-perempuan keraton. Kebaya bukan hanya sekedar pakaian tradisional biasa, namun kebaya memberi kesan keanggunan, kelembutan, dan kesopanan bagi perempuan.

Nilai estetika kebaya untuk perempuan Indonesia

Kebanyakan perempuan yang memakai kebaya akan tampak sifat keibuannya. Ada yang menyebut bahwa busana merupakan ekspresi dari sebuah identitas. Meskipun kebaya merupakan pakaian tradisional jaman dahulu, tetapi ternyata kebaya masih banyak dikenakan sampai saat ini. Itu adalah bukti bahwa kebaya belum ditinggalkan sebagai pakaian tradisional.  Bahkan sekarang ini kebaya mulai dikembangkan oleh para perancang busana menjadi kebaya yang lebih modern tanpa meninggalkan ciri asli dari kebaya.

Kebaya Menjadi Busana Kebanggaan Nasional

Warisan Tradisional

Kebaya merupakan salah satu warisan tradisional negara Indonesia. Pada jaman dahulu, kebaya yang digunakan biasanya berbahan katun, sutra, beludru, dan brokat. Namun saat ini kebaya mengalami modifikasi sehingga telah Sekarang ini kebaya dijadikan busana kebanggaan nasional yang terus terjaga kelestariannya.
Dalam kebaya sendiri mengandung berbagai filosofi dari jaman dahulu. Sejarah adanya kebaya itu tidak terlepas dari kehidupan sebelumnya. Namun hingga saat ini kebaya lebih terkenal dengan kebaya modernnya. Kebaya terdiri dari tiga jenis, yakni sebagai berikut.

Macam Kebaya

Jenis kebaya yang pertama adalah Sabukwala Cekak. Kebaya ini biasanya digunakan untuk putri raja pada saat upacara tetesan dan supitan. Kemudian ada juga ebaya Putri Cekak. Biasanya, kebaya Putri cekak dikenakan untuk mendampingi raja dalam menyambut para tamu penting di keraton.
Selain itu, ada juga jenis Putri kebaya panjang. Kebaya ini digunakan pada saat pisowanan besar, dan kebaya ini khusus digunakan untuk putri raja yang sudah menikah.
Bernilai Estetika

Nilai estetika kebaya untuk kaum perempuan memiliki sifat feminisme yang ditunjukkan melalui siluet kebaya yang mengikuti bentuk tubuh. Selain itu, bentuk rambut yang ditata dengan sanggul ditambah motif kebaya yang menambah sisi feminisme dari kebaya tersebut.  Demikian merupakan nilai estetika kebaya yang digunakan oleh perempuan Indonesia. Dengan padu padan tersebut menambah karakteristik perempuan Indonesia yang lemah lembut dan penuh kesopanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *