Mitos Mengambil Bunga Melati Pengantin Bisa Cepat Menyusul

Mitos Mengambil Bunga Melati Pengantin Bisa Cepat Menyusul

Mitos Mengambil Bunga Melati Pengantin Bisa Cepat Menyusul

Ini mungkin bukan kali pertama bagi Anda untuk mendengar mengenai mitos yang berhubungan dengan pernikahan. Terutama jika kita membicarakan mengenai pernikahan adat Jawa. Salah satu yang paling kental di kalangan orang Jawa adalah adanya mitos mengenai mencuri rangkaian bunga melati yang dipakai oleh pengantin.

Dalam hal ini, banyak yang beranggapan bahwa mengambil bunga yang dikenakan pengantin tersebut akan membuat kita dapat segera menyusul ke pelaminan. Tapi dalam hal ini, Anda harus mengambilnya secara diam-diam atau mencurinya hingga tidak ada yang tahu mengenai hal tersebut terutama sang pengantin perempuan.

Ketika bunga melati bisa kita temui di berbagai florist Yogyakarta, rasanya memang sedikit kurang nyaman untuk mengambil bunga melati tersebut tanpa diketahui siapa pun. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah mitos tersebut benar adanya?

Ternyata banyak masyarakat yang mempercayai hal ini dan banyak dari mereka yang mencoba mengambil rangkaian bunga melati terutama ujung bunga melati yang dikenakan pengantin perempuan tersebut secara diam-diam.

Akan tetapi nampaknya banyak dari mereka yang gagal untuk mendapatkan ujung bunga melati tersebut atau bunga kantil karena bunga yang ada dalam rangkaian itu dibuat dengan kuat menggunakan benang agar dapat dirangkai dengan hiasan kepala sekalian.

Rangkaian bunga kantil dan melati yang indah ini mungkin bisa kita temukan di florist yogyakarta tetapi tentunya hal tersebut memiliki esensi yang berbeda karena tidak dikenakan oleh seorang pengantin.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidaklah mudah untuk mengambil bunga melati pengantin tersebut secara diam-diam karena bagaimana pun bunga yang ada sudah dirangkai dengan cukup kuat. Dan mengambilnya dengan tenaga penuh tentu akan membuat pengantin tersebut sadar ketika kita mencoba mengambil ujung bunganya.

Dan jika diketahui, tak ada lagi gunanya ujung bunga melati atau kantil tersebut. Karena menurut mitos yang beredar, mitos bisa cepat menikah itu akan gagal jika ada yang mengetahuinya. Lalu, bagaimana dengan tanggapan budayawan mengenai adanya mitos tersebut.

Memberikan tanggapanya mengenai mitos yang ada tersebut, Mufthi Raharjo, seorang budayawan ini menyebutkan bahwa mitos tersebut tidaklah sepenuhnya benar.

Rangkaian bunga melati yang dapat kita temui di Florist Yogyakarta ini memang istimewa, tetapi bagaimana pendapat budayawan soal mitus tersebut?

Dalam hal ini, Mufthi mengaku bahwa hal tersebut memang ada seperti adanya mitos seperti mengambil pisang raja, bagian dari janur atau juga bunga melati pengantin. Namun, pada saat mengambil, tetap harus minta izin bukannya mengambilnya diam-diam.

Menurut budayawan asal Solo tersebut, saat seoerang ingin mengambil hal-hal tersebut, sebaiknya tetap harus izin meskipun sedang tidak ada orang atau pemiliknya. Jadi, wajib untuk mengikrarkan saat ingin mengambil pisang raja atau bagian janur yang disebut-sebut dapat membuat kita segera untuk menikah.

Jadi, yang perlu ditekankan disini adalah untuk tetap meminta izin saat akan mengambil sesuatu tersebut. Selanjutnya, Mufthi juga menyebutkan bahwa pada saat mengambil bunga melati, pisang raja atau pun janur di tempat pernikahan terutama pada proses siraman, mengambilnya tidak boleh terlalu cepat.

Menurut budayawan ini, ada saat-saat tertentu yang khusus dijadikan waktu untuk mengambil rangkaian bunga tersebut agar dapat segera menyusul ke pelaminan. Dalam hal ini Mufthi menyebutkan bahwa untuk mengambil janur atau bunganya, kita harus mengambilnya ketika semua rangkaian acara yang ada sudah selesai. Lalu, bagaimana dengan Anda sendiri? Apa Anda tertarik untuk mencoba trik di atas agar segera menyusul ke pelaminan? Untuk reverensi anda bisa membaca artikel kami tentang jenis kebaya ini berasal dari indonesia

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171107094155-277-253972/menguak-mitos-curi-bunga-melati-pengantin-agar-cepat-menikah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *