Baru Menikah? Berikut Syarat Ideal untuk Rumah Anda

Pasangan yang baru menikah, tentu ingin memiliki rumah sendiri. Bahkan, demi mewujudkan impian memiliki rumah saat berumah tangga, Anda sudah jauh-jauh hari menyisihkan tabungan untuk membangun rumah yang Anda inginkan.

Membeli rumah  adalah sebuah komitmen yang membutuhkan tekad yang kuat dan modal yang tidak sedikit. Sangat wajar jika Anda memiliki beberapa pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Ilustrasi oleh pixabay.com

Ada baiknya sebelum memutuskan membeli rumah yang Anda impikan sejak lama, pastikan syarat ideal berikut ini terpenuhi.

1. Orangtua Sudah Mengetahui Rumah Anda

Saat hendak membeli rumaah, ajaklah orangtua atau mertua Anda untuk melihat kondisi rumah. Bagaimanapun juga mereka telah memiliki pengalaman yang cukup baik dalam memilih dan menilai rumah dan lingkungannya.

Ayah yang biasanya sangat memperhatikan kondisi rumah seperti pondasinya, talang air, kondisi atap, serta pembuangan limbah rumah tangga, sehingga akan banyak masukan yang Anda terima. Selain itu, ajaklah ahli bangunan atau tukang kenalan orang tua untuk memeriksa rumah yang hendak Anda beli.

2. Lokasinya Dekat dengan Orangtua

Selain tips di atas, tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi rumah. Sebaiknya belilah rumah yang lokasinya dekat dengan rumah orangtua Anda. Apalagi jika Anda dan pasangan adalah pasangan yang sama-sama merantau, memilih rumah yang dekat dengan orangtua dan saudara akan memudahkan mereka berkunjung.

Sebagai pasangan yang baru menikah, biasanya Anda membutuhkan bantuan orang terdekat dalam mengurus urusan rumah tangga. Seperti mengawasi pembangunan rumah, atau jika ada peralatan rumah tangga yang tidak Anda miliki, Anda bisa meminjamnya.

3. Tiny is the New Big

Sebagai pasangan yang baru menikah, jangan lah tergiur dengan rumah yang berukuran besar. Untuk sementara, pilihlah rumah yang tidak terlalu besar namun juga tidak membuat Anda merasa pengap saat tinggal di dalamnya. Rumah dengan dua kamar sudah cukup untuk Anda.

Pasangan baru cenderung lebih membutuhkan rumah yang simpel karena masih banyak disibukan aktivitas di luar rumah.

 

4. Dekat dengan Lokasi Kerja

Hal lain yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah lokasi rumah pastikan dengan lokasi tempat Anda bekerja. Hal ini tak berarti jaraknya yang sangat dekat, namun pastikan akses menuju lokasi kerja Anda dari rumah mudah dijangkau.

Sebagaimana pasangan baru pada umumnya, pasti Anda dan pasangan tak sabar untuk segara berjumpa. Jangan sampai kemacetan, lamanya perjalanan, dan kelelahan menjadi hambatan untuk Anda dan pasagan sehingga tidak memiliki quality time berdua.

Untuk itu, tak ada salahnya memilih apartemen mungil di tengah kota yang terjangkau.

5. Fully Furnished

Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam menentukan barang yang harus ada di dalam rumah, tidak mengetahui harga perabotan di pasaran, cobalah mencari apartemen atau rumah mungil yang fully furnished.

Pilihan ini akan menghemat bujet Anda dibandingkan dengan mendekor sendiri, kecuali jika kemampuan mendekor Anda sudah teruji.

ilustrasi oleh thecoolist.com

Sumber: http://www.rumah.com/berita-properti/2017/3/149561/syarat-ideal-rumah-pertama-pasangan-baru-menikah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *