7 Tips Pernikahan Islami Sederhana yang Berkesan

Menikah merupakan dari sunnah nabi Muhammad SAW. Segala sesuatu untuk persiapan pernikahan kamu haruslah dipersiapkan sedetail mungkin ya, dear.. Apalagi jika kamu berniat untuk menyelenggarakan pernikahan dengan tema islami. Sederhana namun berkesan..

Simak 7 Tips persiapan pernikahan islami yang bisa kamu terapkan dalam pernikahan kamu nanti ya dear, semoga bermanfaat..

 

1. Ijab Kabul dan Mahar

Prosesi paling utama dalam pernkikahan adalah akad dan mahar. Seperti yang kita tahum bahwa akad berupa ijab kabul. Setelah itu, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah penyerahan mas kawin dari pengantin pria kepada pengantin wanita.

Tidak ada patokan dalam pemberian mahar ini baik dari nilai maupun jumlahnya. Baginda Rasulullah SAW pernah memberi nasihat mengenaimahar pernikahan yaitu “sebaik-baiknya mahar adalah yang paling ringan” (HR. Al-Hakim dan Ibnu Majah)

2. Beritakan kepada keluarga, teman dan tetangga

Saat kamu memutuskan untuk menikah, tidak ada salahnya menyampaikan berita baik ini kepada seluruh keluarga, teman, kolega bahkan tetangga kamu. tentu mereka akan mendukung anda.

3. Minimalkan tradisi pernikahan, ikhwan dan akhwat harus dipisah

Usahakan agar adat-adat dalam pernikahan yang bertentangan dengan aturan islam dihilangkan. Apalagi dengan keputusan kamu dalam memilih tema pernikahan islami, tentu harus sesuai dengan syariat dan ajaran islam, dear..

Jika, kamu tidak mau direpotkan dalam hal ini.. kamu bisa menggunakan jasa vendor wedding planner muslim yang bisa menangani hal-hal seperti ini. Sehingga, kamu bisa tinggal terima “jadi”nya saja..

4. Jamuan Makan dan Catering

Jamuan makan untuk undangan kamu tentu saja menghabiskan anggaran biaya pernikahan paling banyak. Bicarakan hal ini dari awal dengan keluarga kamu untuk meminta solusi dan pertimbangan mereka mengenai catering yang sesuai dengan budget.

5. Alternatif fotografer

Fotografer pernikahan yang profesional memiliki tarif yang lumayan mahal. sebagai alternatif untuk masalah tersebut coba hubungi teman yang mempunyai hobi fotografi. hasil foto mereka Insya Allah tidak akan kalah dengan fotografer-fotografer profesional kok dear..

6. Hitung jumlah undangan atau sebarkan undangan via sosial media

Buat list undangan yang berisi siapa saja yang akan kamu undang. Hal ini penting lho, agar kamu tahu ada berapa manusia yang akan kamu undang. Pisahkan antara orang yang wajib hukumnya untuk kamu undang seperti sahabat, tetangga kanan kiri depan rumah.. lalu alternatif lain yang bisa kami gunakan untuk meminimalkan budget undangan kamu, kamu bisa mengundangnya via sosmed, dear..

kamu bisa mengundang mereka langsung atau sekarang lagi ngetrend undangan via website khusus pernikahan yang bisa kamu coba..

7. Prosesi pernikahan satu hari saja

Untuk meminimalkan budget serta efesiensi waktu, sebaiknya lakukan prosesi pernikahan dalam 1 hari saja. Untuk jaga-jaga menghindari biaya tak terduga.

Ilustrasinya begini, akad pernikahan termasuk khutbah pernikahan dilakukan pukul 08.00 kemudian dilanjutkan resepsi pada jam 10.00 hingga setelah dzuhur..Apabila, kamu tidak yakin dalam kemampuan manajemen waktu kamu.. gunakan jasa wedding organizer untuk membuat susunan acara dan mengatur semuanya dengan baik.

Nah, inilah tadi 7 tips pernikahan islami sederhana dan berkesan untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *